Rabu, 23 Januari 2013

Geisha Bukan Pekerja Seks Komersial (Part1)

pada bertanya tanya bukan kenapa judulnya Geisha.. yap saat ini saya akan membahas terperinci tentang Geisha...
Siapa Yang tidak tahu Geisha??? selama ini kata Geisha kerap di presepsikan tentang yang negatif. mereka itu di salah artikan sebagai *Prostitute* atau pekerja seks komersial.. wahh parah banget yahh. Namun, kata kata atau presepsi itu kurang tepat. di masyarakat jepang Geisha adalah Pekerjaan yang cukup terhormat, proffesional, dan menuntut tingkat kemampuan yang sangat tinggi untuk menjadi seorang Geisha.
Geisha tidak menjual tubuh, tetapi menjual skill atau keahlian. demikian ungkap teman saya saat mengantar saya menjelajahi wilayah kawasan Gion di kota kyoto Jepang. Gion adalah salah satu distrik tertua di Kyoto yang terkenal dengan nama "hanamachi" atau Kota Bunga Seperti Kota Banding di Indonesia aja yahh...
Kata "geisha" berasal dari akar kata "gei" yang berarti Seni dan "sha" yang berarti orang yang melakukan... atau dengan kata lain Geisha Adalah Pekerja Seni... yang memiliki kemampuan seni jepang tingkat tinggi, seperti kaligrafi, ikebana, dan upacara minum teh. Namun, geisha lebih di kenal dengan kemampuan menari, menyanyi, dan memainkan alat musik tradisional jepang... wahh spertinya Geisha bisa menjadi ajang perkenalan budaya jepang jika mereka di buat sebuah Idol Group yang beredar di jepang kebanyakan..
Yukk Kita sekarang bahas sejarah tentang Geisha... Geisha Dimulai sejak tahun 1630 *BelumLahirSaya, saat jepang mencapai kemakmuran di bidang perdagangan dan budaya. saat itu pusat pendidikan Geisha muncul di kota Kyoto, Saya masih heran kenapa ada Sekolah Geisha yahh hehehe... Para Geisha Muda Dinamakan maiko. rata rata maiko memulai pendidikan oada usia dua belas tahun hingga dua puluh tahun. maiko harus menjalani pelatihan yang ketat sebelum menjadi seorang Geisha atau Geiko... wahh macam militer indonesia aja yahh.. sulit mbak mbroo jadi seorang Geisha.. jika semua pendidikan Maiko sudah di tempuhi sperti pemilihan tusuk rambut (hana kanzashi), Seni Sanggul, jenis kimono, dan cara berjalan harus di kuasai oleh seorang maiko untuk berhasil menjadi geiko atau seorang geisha.
Oh iya kata teman saya jika ingin menyaksikan pertunjukan Geisha hanya di adakan pada bulan April, untuk menyambut musim semi di kota Kyoto. penampilan seni terbeut di beri nama Miyako Odori atau tarian bunga sakura (Cherry blossom dance).
mencari tiket untuk menyaksikan Miyako Odori lumayan sulit karena popularitasnya tinggi.. berarti gag mau kalah donk dengan Idol group yang sekarang menjamur di wilayah jepang hehehe.. dan sewaktu saya tiba di theater Gion Kobukai, tempat pertunjukan Miyako Odori, para pengunjung yang umumnya turis asing telah memadati lokasi.. sumpah ramai banget dahh...
Sebenarnya masih banyak yang saya sampaikan tapi tunggu aja Next nya yahhh

Tidak ada komentar:

Posting Komentar